Wednesday 21 January 2015

NAMA : Agustiar Abdul Rahmat Tarigan
NIM      : 1020000148 


Soal Kasus :
Membangun Knowledge Base System

Permasalahan : Setelah lulus SMA, Hariman memiliki keinginan untuk melanjutkan studi di bidang komputer. Namun karena bidang komputer memiliki beberapa disiplin ilmu, maka Hariman harus berkonsultasi dg sistem pakar untuk menentukan pilihan yg tepat bagi dia.
Buatlah sebuah sistem pakar untuk membantu Hariman menentukan pilihan dg kreteria sebagai berikut :
Disiplin ilmu yg direkomendasikan meliputi : Computer Programming, Computer Science,Computer engineering,Computer Forensic,Computer Auditing,Computer Manufacturing,Computer Design. Tiga hal utama sebagai penentu keputusan adalah :
  • Tes Atitude(ok, not-ok) yg meliputi : test kemampuan matematika (ya,tdk) dan test kemampuan programming (ya, tdk)
  •  Test minat (bagus, sedang, rendah) yg meliputi:minat pd komputer(ya,tdk), minat pada kemampuan reparasi (ya,tdk) minat pada pemecahan masalah (ya,tdk). minat pada Perancangan (ya,tdk), minat pada Auditing (ya,tdk), minat pada forensik (ya,tdk)
  •  Kemampuan finansial (ya,tdk)
 Soal:
1.Tentukan Dependency Diagram untuk kasus tersebut
2.Tentukan Tabel Keputusan untuk kasus tersebut
3.Tentukan Rule-rule untuk menyelesaikan kasus tersebut

Jawaban :

1. Dependency Diagram
                                                    (Klik Gambar Untuk Memperbesar)

2. Tabel Keputusan
                                                     (Klik Gambar Untuk Memperbesar)

3. Rule

 Rule 1 : IF finansial = ya AND
tes minat komputer = bagus OR
tes minat reparasi = sedang OR
tes minat pemecahan masalah = rendah OR
minat  Auditing = sedang OR
minat kriminal = bagus OR
minat perancangan = rendah AND
tes attitude matematika = ok OR
tes attitude program = ok
then support = Computer Programing

Rule 2 : IF finansial = ya AND
tes minat komputer = bagus OR
tes minat reparasi = rendah OR
tes minat pemecahan masalah = sedang OR
minat  Auditing = rendah OR
minat kriminal = bagus OR
minat perancangan = sedang AND
tes attitude matematika = ok OR
tes attitude program = ok
then support = Computer Science

Rule 3 : IF finansial = ya AND
tes minat komputer = sedang OR
tes minat reparasi = bagus OR
tes minat pemecahan masalah = bagus OR
minat  Auditing = bagus OR
minat kriminal = sedangOR
minat perancangan = rendah AND
tes attitude matematika = ok OR
tes attitude program = ok
then support = Computer engineering
  
Rule 4 : IF finansial = ya AND
tes minat komputer = sedang OR
tes minat reparasi = rendah OR
tes minat pemecahan masalah = bagus OR
minat  Auditing = rendah OR
minat kriminal = bagus OR
minat perancangan = sedang AND
tes attitude matematika = ok OR
tes attitude program = ok
then support = Computer forensic


Rule 5 : IF finansial = ya AND
tes minat komputer = bagus OR
tes minat reparasi = sedang OR
tes minat pemecahan masalah = bagus OR
minat  Auditing = bagus OR
minat kriminal = rendah OR
minat perancangan = sedang AND
tes attitude matematika = ok OR
tes attitude program = ok
then support = Computer Auditing

Rule 6 : IF finansial = ya AND
tes minat komputer = sedang OR
tes minat reparasi = sedang OR
tes minat pemecahan masalah = bagus OR
minat  Auditing = bagus OR
minat kriminal = rendah OR
minat perancangan = bagus AND
tes attitude matematika = ok OR
tes attitude program = ok
then support = ComputerManufacturing

Rule 7 : IF finansial = ya AND
tes minat komputer = bagus OR
tes minat reparasi = sedang OR
tes minat pemecahan masalah = rendah OR
minat  Auditing = sedang OR
minat kriminal = bagus OR
minat perancangan = rendah AND
tes attitude matematika = ok OR
tes attitude program = ok
then support = Computer Design